Konsep Asuransi Syariah

“Asuransi syariah adalah usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang, melalui investasi dalam bentuk aset dan/atau Tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah”
Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia 
(DSN-MUI)

Mengapa Asuransi itu mulia:

“Pergunakanlah lima hal sebelum datangnya lima perkara; Muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, lapang sebelum sempit dan hidup sebelum mati.” (Hadist riwayat Muslim)

Asuransi Syariah adalah sebuah sistem dimana para peserta mendonasikan sebagian atau seluruh kontribusi/premi yang mereka bayar untuk digunakan membayar klaim atas musibah
yang dialami oleh sebagian peserta. Peserta asuransi melakukan risk sharing di antara mereka dalam prinsip tolong menolong / saling membantu.

Dalam bahasa sederhana, dalam konsep asuransi syariah, sekumpulan orang bersama2 mengumpulkan dana (dalam rekening Tabarru) yang akan digunakan untuk mengelola resiko yang terjadi pada anggotanya. Konsep ini dikenal sebagai Risk Sharing. Peranan perusahaan asuransi terbatas pada pengelolaan operasional perusahaan asuransi dan menginvestasikan dana Tabarru’.

Dalam konsep Asuransi konvensional, yang terjadi adalah risk transferring, dimana nasabah membayar premi kepada perusahaan sebagai pengambil resiko.

Surplus Sharing

Surplus Sharing adalah dana yang akan diberikan kepada Pemilik Polis bila terdapat kelebihan dari rekening Tabarru’ termasuk juga bila ada pendapatan lain setelah dikurangi klaim dan hutang kepada perusahaan – jika ada. Surplus sharing inilah yang dikenal sebagai bagi hasil.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s