Tips Memilih Asuransi Kesehatan

medical_coverage

Dalam ilmu perencanaan keuangan, asuransi adalah fondasi dasar yang harus dimiliki setiap keluarga. Karena hanya dengan asuransi, aset dan kekayaan itu diproteksi dari kerugian yang lebih besar. Dengan asuransi juga timbul perasaan nyaman dalam beraktifitas. Memilih produk asuransi tidak cukup hanya  membandingkan nama produk atau brandnya. Tetapi juga harus dicermati informasi spesifik terkati produk yang ditawarkan.

Dalam asuransi kesehatan individu (non corporate) terdapat 2 tipe medical coverage yang umumnya ditawarkan:

1. Medical Coverage based on cost

2. Medical Coverage based on term

Yang umumnya ditawarkan perusahaan asuransi adalah medical coverage berdasarkan durasi waktu (hari) nasabah mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit. Peserta akan mendapatkan uang pertanggungan harian selama masa dirawat. jadi apabila peserta dirawat selama 10 hari dengan uang pertanggungan perawatan 500.000,- maka peserta asuransi akan mendapatkan dana sebesar 5.000.000,-. Kelebihan biaya perawatan tentunya menjadi excess yang harus dibayar oleh peserta asuransi.

Banyak perusahaan memiliki karakteristik seperti ini dikarenakan biaya penggantian yang lebih murah sehingga cost of operational menjadi lebih rendah.

Medical Coverage Based on Cost

Untuk perusahaan asuransi besar, umumnya memberikan medical coverage berdasarkan biaya sesuai dengan plafon yang diambil oleh peserta asuransi. Biaya yang dicover umumnya lebih komprehensif yang umumnya meliputi biaya kamar, kunjungan dokter, perawatan di rumah, ICU, obat-obatan, cuci darah, perawatan kanker, rawat jalan sebelum dan sesudah dirawat dan lain-lain.

Dikarenakan lebih komprehensif, tentunya resiko perusahaan juga lebih besar untuk membayar pertanggungan. itu sebabnya hanya perusahaan asuransi yang memiliki customer base yang besar yang mampu memberikan jasa layanan ini.

Contoh kasus, Pak Andi mengalami sakit diare dan dirawat selama 3 hari dengan biaya sebesar Rp. 3.800.000,- di kelas 2 dengan biaya kamar per hari Rp. 350.000,-. Dengan asuransi dengan sistem harian dengan plafon 300.000,-/hari maka biaya yang ditanggung asuransi adalah sebesar Rp. 900.000,- (3 hari x 300.000,-). Sisanya sebesar Rp 2.900.000,- menjadi tanggungan peserta. Namun asuransi dengan sistem biaya dengan plafon kamar 300.000,-/hari akan mengganti keseluruhan biaya kecuali kelebihan biaya kamar. Sehingga peserta hanya membayar Rp 150.000,- (350.000 – 300.000 selama 3 hari).

Bagaimana dengan medical coverage anda?

Untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut silahkan buka halaman Contact Us

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s